Unsur-unsur Kalimat

Kalimat adalah gabungan dari dua buah kata atau lebih yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir. Kalimat dapat dibagi-bagi lagi berdasarkan jenis dan fungsinya yang akan dijelaskan pada bagian lain. Contohnya seperti kalimat lengkap, kalimat tidak lengkap, kalimat pasif, kalimat perintah, kalimat majemuk, dan lain sebagainya.


Berikut ini adalah contoh kalimat secara umum :

- Fadly adalah vocalis dari Band Padi.
- Sekarang!
- Buronan yang dicari polisi karena kasus pembunuhan akhirnya tertangkap.
- Band Padi sedang launching album di Hard Rock cafe Bali.


Jenis - jenis Kalimat...

- Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan. Kalimat aktif biasanya memiliki predikitnya berupa kata kerja. Contoh : Nina menulis surat untuk nenek.

- Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai kata kerja berawalan di-.. Kalimat pasif biasnya memiliki predikat berupa kata kerja. Contoh : Surat untuk nenek ditulis oleh Nina.

- Kalimat langsung adalah kalimat yang secara cermat meniru ucapan orang lain. Kalimat langsung biasnya ditandai dengan kalimat tanya atau kalimat perintah. Contoh : Ibu berkata "Anis jangan bermain - main saja, kamu harus belajar!"

- Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan orang lain. Contoh : Ibu berkata bahwa aku harus rajin belajar.



0 komentar:

Posting Komentar